Keseruan Fun Blogging 5

Posted on Updated on

Helaian kertas mungil berwarna pink itu dibagikan, lalu kami diminta menuliskan dua cita-cita yang ingin diraih melalui hobi kami menulis di atasnya. Oya, syaratnya kami harus menulisnya dengan tangan kiri. Entah apa maknanya, sampai mbak Haya mengucapkan, :

“Simpan tulisan dua mimpi itu di tempat yang terlihat setiap kita ngeblog. Jadikan ia semacam affirmasi untuk mencambuk semangat kita meraihnya. Dulu, saya juga menuliskannya seperti itu; “Saya mau ke Singapur dari hasil menulis”, dan alhamdulillah mimpi saya itu terwujud tahun ini”.

20150617_040716

Sehidang pembuka acara yang manis, sebuah ice breaking yang memantik semangat para peserta untuk memulai kegiatan Fun Blogging dengan tema ‘Dari Hobi Menjadi Profesi’  pada hari Minggu tanggal 14 Juni 2015 yang dilaksanakan di Gedung Communicasting Academy, PT. Media Dreyasa Komunitama (Medkom) di Jl. Sultan Iskandar Muda No. 8C Arteri Pondok Indah Jakarta Selatan.

Sesuai dengan temanya, Fun Blogging sessi 5 ini menghadirkan para pelaku sekaligus pakar di dunia kepenulisan khususnya blog  sebagai pematerinya, yaitu :  mbak Haya Aliya Zaki (penulis lepas, editor, blogger, buzzer dan kontributor),  Shintaries (blogger dan Web & Blog Designer), Ani Bertha (Blogger & Digital Media Activist) juga Mbak Mellisa dari fihak Communicasting Academy serta humas dari TokoPedia dan Kredit Gogo sebagai sponsor .

Dari mula kedatangan saya bersama sahabat-sahabat blogger dari Bogor (Inna Riana, Evrina, dan Juliana Kartika) di Gedung Communicasting Academy saya terkesan dengan bentuk bangunannya yang berkesan minimalis modern. Sejenak saya memperhatikan meja lobby dan sekitarnya yang bernuansa silver dan terpana oleh beberapa pajangan foto-foto para presenter televisi dan penyiar radio yang sebagian nampak familiar, lalu saya bertanya-tanya di dalam pikiran; gerangan apakah Communicassting Academy itu. Tapi pertanyaan itu mengendap setelah bertemu penyambut pertama kehadiran para peserta Fun Blogging, mbak Haya Aliya Zaki.

Mbak Haya sedang memberikan sambutan
Mbak Haya sedang memberikan sambutan

Blog Managerial

Sessi pertama acara diisi oleh mbak Haya dengan materi dasar blogging. Meski sudah menulis di blog sejak tahun 2008, saya masih saja tertakjub oleh pemaparan beliau tentang bagaimana menulis dan menjadi blogger yang baik. Banyak sekali tips dari beliau yang mencerahkan, misalnya tentang bagaimana meningkatkan kemampuan menulis dan membangun jaringan (networking), hal ini sangat penting karena ternyata pada era komunikasi dan informasi yang semakin maju saat ini, blog bisa menjadi sarana menambah penghasilan.

Banyak perusahaan-perusahaan besar maupun rumahan, para produsen barang dan jasa yang mulai melirik dan menggunakan jasa blogger untuk mempromosikan produk mereka dengan nilai yang semakin lama semakin signifikan. Sebuah peluang menjadi seorang blog reviewer yang bermasa depan terang bukan ?

Untuk kepentingan itu, maka para blogger yang ingin menjadikan blognya sebagai  sumber penghasilan wajib membenahi blognya agar disukai klien dan juga pembacanya.

Hal ini semakin didalami pada saat CEO dari Tokopedia dan Kredit Gogo memaparkan presentasinya. Bahwa betapa pentingnya mengelola blog secara baik dan profesional jika kita ingin bekerjasama dengan mereka. Mas Doni dan mas Frans sendiri dari fihak Tokopedia menjelaskan secara rinci tentang apa itu E-Commerce dan Blogger Partnership.

Presentasi 2 by Shintaries
Presentasi 2 by Shintaries

Advancing Blog Platform

Pada sessi kedua, Mbak Shintaries seorang Web designer dan juga seorang profesional blogger (saya mendengar beliau mengelola sekitar 50 blog) menyampaikan bagaimana cara meningkatkan persona dan kualitas blog kita. Bahwa betapa pentingnya menyajikan tampilan blog yang memberikan rasa nyaman pada para pengunjung blog kita sehingga karenanya akan mengundang lebih banyak lagi pembacanya.

Di bagian ini mbak Shinta menjelaskan tentang beberapa platform blog terbaik, tentang esensi Klout Score dalam kaitannya antara blog dan social media, beliau juga menerangkan apa itu G+, fungsi Analytics, Search dan Web Master di dalam Google, dan terakhir  tentang personal branding yang melibatkan top level domain, advancing tools, great domain dan relasi.

Presentasi 3 oleh Teh Ani
Presentasi 3 oleh Teh Ani

How to Manage Blog with Branding

Pada sessi ke tiga, teh Ani seorang blogger dan media activist berbagi ilmunya tentang bagaimana personal branding dapat mengangkat fungsi blog menjadi lebih berdaya bagi pemiliknya.

Untuk tujuan ini sebenarnya bukan hal yang terlalu sulit mengingat hamoir setiap orabg apalagi blogger memiliki akun di beberapa sosial media. Selaras dengan apa yang telah dijelaskan pula oleh mbak Haya di muka, di sinilah peran networking sangat dibutuhkan, sehingga aktivitas kita di media sosial online dapat mendatangkan keuntungan lebih yang salah satunya adalah penghasilan. Di masa ini, pekerjaan mereview sebuah produk yang menggunakan jasa blogger tengah marak.

Teh Ani sendiri membagi social media ini ke dalan 3 manfaat, yakni dalam hal :

  1. Info dari begitu banyaknya sharing di dalamnya
  2. Networking
  3. Education

Dalam acara ini teh Ani hanya menekankan pada optimasi 3 jenis sosial media saja, yaiu facebook, twitter dan blog.

Khusus blog, teh Ani juga menyarankan beberapa target optimasi dan upaya-upaya apa yang harus dilakukan agar blog kita menarik pembaca dan jika blog kita disukai pembaca otomatis daya tawarnyapun akan semakin tinggi di hadapan calon klien yang ingin menggunakan jasa blogger untuk memasarkan produknya bukan ?.

Banyak sekali jenis pekerjaan yang bisa dilakukan oleh seorang blogger seperti misalbya mereview produk atau jasa, peluncuran produk, penyelenggaraan giveaway, kampanye elektabilitas tokoh, ghost writer, banner affiliation ataupun addesense.

Dan diantara keunggulan memasarkan produk di blog adalah blog merupakan sumber informasi yang lebih disukai konsumen saat mereka membutuhkan sesuatu hanya denga melakukan pencarian di mesin pencari secara online.

Dalam kegiatan fun blogging ini teh Ani juga memberikan beberapa tips untuk mendapatkan job review, asyik bukan ?

Presentasi dari Kredit Gogo
Presentasi dari Kredit Gogo
Presentasi dari Tokopedia
Presentasi dari Tokopedia

Mengenal Communicasting Academy

Waktu seperti berjalan cepat, karena kegiatan Fun Blogging sama sekali tak menjemukan. Dari satu sessi ke sessi berkutnya pemateri memberikan informasi-informasi berharga yang disampaikan dengan lugas dan penuh semangat, begitupun para peserta fokus menyimak sekaligus antusias tanpa sungkan-sungkan silih berganti bertanya. Oya, di akhir acara ada hadiah lho untuk yang aktif bertanya.

Dan suasanapun semakin menghangat saat Mbak Mellisa sang tuan rumah dari fihak Communicasting Academy turut memberikan sambutannya. Meskipun sedikit terlambat karena disampaikan pada sessi terakhir acara, namun hal itu tak mengurangi kegembiraan semua peserta karena selain jenaka, mbak Mellisa pun begitu cair memperkenalkan Communicasting Academy yang menjadi tempat acara Fun Blogging ke-5 itu.

Pertanyaan dalam hatiku saat baru saja sampai di lokasi acara terjawab. Jadi, Communicasting Academy itu ternyata adalah sebuah institusi pendidikan di bidang penyiaran baik televisi maupun radio serta memberikan pelatihan public speaking, maupun presentation &  negotiation skills. Istilah communicasting sendiri menurut mbak Mellisa adalah singkatan dari kata Communication dan Broadcasting. Di sekolah ini kita berkesempatan untuk belajar menjadi seorang presenter  & reporter televisi serta penyiar radio juga public speaker dan negosiator yang mumpuni.

Wah boleh juga nih kalau ada kenalan yang senang dengan dunia broadcast, bisa menjadikan Communicasting Academy sebagai jalan untuk mencapainya.

Terakhir, kami seluruh peserta Fun Blogging diajak touring melihat-lihat fasilitas yang ada di gedung Communicasting Academy tempat Fun Blogging ke-5 diselenggarakan. Ada ruang-ruang kelas yang nyaman untuk belajar, ruang siar TV, ruang siar radio, ruang VIP untuk meeting para pejabat dengan dekorasi dan furniture mewah bernuansa klasik Eropa,  hingga ruang mushalla yang memberikan ruang untuk beribadah bagi yang hendak melaksanakan shalat. Asyiknya, kami juga dipersilakan untuk berfoto baik berselfie maupun foto bersama di ruangan-ruangan itu. Untuk blogger, apa sih yang nggak ya ? hehehe.

Mbak Mellisa dari Communicasting Academy.  (Foto milik 'Inna' Riana Wulandari)
Mbak Mellisa dari Communicasting Academy.
(Foto milik ‘Inna’ Riana Wulandari)
Nyoba ruang siaran radio
Nyoba ruang siaran radio

Oya, dari event Fun Blogging ke 5 saya dan teman-teman juga mendapat kenang-kenangan dari Tokopedia lho.  Sebuah tempat minum plastik yang keren dengan warna favoritku sendiri, hijau.

Kenang-kenangan lucu dari Tokopedia
Kenang-kenangan lucu dari Tokopedia

Alhamdulillah, hari Minggu yang sarat dengan pengalaman berharga dan menyenangkan, ilmu dan persahabatan yang tak tergantikan. Membuat diri semakin sadar dan bersemangat untuk terus belajar.
Terima kasih #FunBlogging5

Iklan

11 thoughts on “Keseruan Fun Blogging 5

    febridwicahya said:
    18/06/2015 pukul 9:30 am

    Wahaaa serunya ya 😀 pasti banyak hal yang didapat dari fun blogging kemarin 😀 ah, makasih banyak udah dishare disini ya 😀

    Suka

      winny widyawati responded:
      22/06/2015 pukul 9:32 am

      Sama-sama mas Febri, makasih juga sdh berkunjung ya 🙂

      Suka

        febridwicahya said:
        26/06/2015 pukul 1:51 pm

        Hihihi iya mbak :))

        Sama-sama juga ya 😀

        Suka

    inna riana said:
    18/06/2015 pukul 1:06 pm

    seru, seneng, n dpt bnyk ilmu dr fun blogging ya, mak 🙂

    Suka

      winny widyawati responded:
      22/06/2015 pukul 9:35 am

      Berul mak Inna seneng bisa belajar dari pakar2 keren

      Suka

    evrinasp said:
    19/06/2015 pukul 3:44 am

    wahwah ada yg mau iphone 6 dan laptop, dibantu aamiin kan ya mak. mak winny kapan2 grup bogor kopdar lagi ya

    Suka

      winny widyawati responded:
      22/06/2015 pukul 9:37 am

      Hehehe ketauan deeh. Makasih aminnya ya. Iya kapan ya kopdar lagi, swmoga jadi habis lebaran ya

      Disukai oleh 1 orang

    lovelyristin said:
    19/06/2015 pukul 3:46 pm

    memang seru ikutan fun blogging yaa.. bikin ngeblog tambah semangat hehe

    Suka

      winny widyawati responded:
      22/06/2015 pukul 9:40 am

      Iya bener mbak tambah semangat banget. Semoga bisa konsisten ya 🙂

      Suka

    Ani Berta said:
    28/06/2015 pukul 11:55 am

    Terima kasih sudah hadir ya Mba Winny 🙂
    Semoga bermanfaat

    Suka

      winny widyawati responded:
      28/06/2015 pukul 2:46 pm

      Terima kasih juga sudah berkunjung di rumah virtualku ini ya teh

      Suka

Terima Kasih telah berkenan hadir, kesan anda sangat berarti :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s