Berkarya Bersama Teknologi Praktis [Acer Aspire E1-432]

Posted on Updated on

I. Menulis dan Teknologi

Ada yang mencengangkan di dunia kita ini. Di kurun waktu yang terasa serba cepat, dimana kita baru terheran dengan  sesuatu, tak lama kemudian kita dibuat takjub  lagi dengan hal yang lain. Ya, pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi  membuat sebagian besar orang kini terangkat pada satu keadaan dimana mereka bisa melakukan banyak hal dengan lebih mudah. Termasuk di dalamnya pasal teknologi informasi dan komunikasi.

Jika pada dua dasawarsa yang lalu kita hanya mengenal telephone dan handphone sebagai alat komunikasi, dan adalah pager (sebuah alat komunikasi satu arah) sebagai tambahannya, maka di era ini teknologi  ketiga jenis alat komunikasi itu telah bermutasi sedemikian rupa, melesat pada tingkatan yang tak bisa terbayangkan oleh kebanyakan orang di masa sebelumnya. Persis seperti orang-orang pada dekade tujuh puluhan yang tak bisa membayangkan bagaimana radio-radio besar yang ada pada zaman itu kelak tak lagi hanya bisa bersuara, tapi juga dapat memperlihatkan gambar-gambar nyata yang bisa bergerak. Dan pada masa kini kita bisa melihat hal tak terbayangkan itu, ialah televisi.

Sejak bergabung dengan sebuah jejaring sosial di akhir tahun 2008, sebagai ibu rumah tangga biasa dimana dunia saya hanya berkisar sekitar rumah dan anak-anak, kebutuhan pada teknologi komputer belum begitu terasa. Kalaupun saya memiliki kegemaran seperti membaca, menulis, berkebun, memasak dan handy craft itu semua saya lakukan murni tanpa sandaran dunia internet.

Barulah pada saat saya mulai memiliki sedikit waktu senggang dan ada kesempatan untuk bereksplorasi di dunia maya, saya menemukan satu ruang kecil mengasyikan di rumah media sosial saya. Ialah ruang untuk menulis. Hanya tulisan-tulisan sederhana, celoteh-celoteh saya berbentuk aksara yang tak lagi saya tuang dalam kertas-kertas diary, tulisan-tulisan yang tak pernah mendapat tanggapan  kecuali dari orang-orang terdekat saya, karena saat itu memang saya tak memiliki banyak teman di akun facebook.

Semakin lama, minat menulis saya semakin berbunga saat saya mendapat tanggapan-tanggapan positif dari para pembaca,  menulis menjadi semacam ruang transendental saya dengan teman-teman di dunia maya, dimana kami bisa saling menyapa dan berdiskusi di dalamnya. Lebih dari itu, kemudian menulis menjadi sebuah jalinan abstrak dari pertemanan kami.  Sungguh sangat membahagiakan.  Dari menulis, saya tak hanya mendapatkan kesempatan untuk berbagi, namun juga persahabatan.

II. Teknologi Yang Indah dan Praktis

Dari titik itu, saya mulai merasakan kebutuhan akan perangkat menulis yang lebih baik.  Secara perlahan dan tentu saja mengikuti perkembangan kemampuan finansial dalam menyediakan sarana dan prasarana kebutuhan keluarga terkhusus kegiatan menulisku, maka alat menulis saya di dunia online mulai berkembang. Dari semula hanya menggunakan ponsel yang membuat saya hanya mampu menelurkan tulisan dalam ruang yang serba terbatas, kemudian beranjak ke dalam bentuk personal computer.

Perangkat komputer dengan ukuran besar itu (jika dilihat dalam sudut pandang zaman millenium ini) telah memberikan kontribusi yang teramat besar khususnya untuk saya pribadi. Meski harus terpacak di satu tempat, karena memang PC dengan dimensi dan beratnya yang cukup besar, setidaknya membuatku lebih nyaman menulis selama bertahun-tahun dibanding dengan menggunakan ponsel. Tapi, mengingat kegiatan saya yang kemudian juga semakin bertambah, saya mulai membutuhkan perangkat menulis yang lebih praktis.

Perkembangan teknologi multi media yang lesat memberikan banyak pilihan. Dan pilihan saya sebagai seorang wanita sekaligus ibu yang aktif  jatuh pada perangkat notebook. Selain karena dimensinya yang jauh lebih kecil dan tipis dibandingkan PC juga lebih ringan, sehingga mudah dibawa kemanapun saya pergi. Saya bisa menulis waktu menunggui anak bubar sekolah, bisa menulis saat mengunjungi putri kami di pesantren, bisa menulis didalam mobil di parkiran atau sekedar memeriksa email dan media sosial saat kopdar bersama keluarga dan sahabat.

Untuk notebook yang saya sebutkan diatas, kini Acer Indonesia menyediakan perangkat  notebook seri Acer Aspire E1-432  dengan dimensi yang 30 % lebih tipis, yang karenanya jauh lebih ringan dari produk-produk serupa pada brand lain dan daya tahan baterai yang lebih tinggi. Ketiga keunggulan tersebut diatas sangat diperlukan oleh siapapun dengan mobilitas yang tinggi, baik itu para eksekutif, pekerja kantoran, pelajar, mahasiswa, para penulis bahkan juga ibu rumah tangga.

Kepraktisan namun tak menghilangkan harapan user dalam hal kelengkapan fitur esensial dan bentuk serta penampilan yang bersahabat menjadi hal utama yang ditawarkan Acer Aspire E1-432 ini.

Sebagai seorang wanita, saya memiliki hal-hal subjektif yang bergantung pada minat dan kegemaran saya pada sesuatu dalam membeli apapun keperluan keluarga. Dan untuk notebook dari Acer Aspire E1-432 ini ternyata memenuhi kekaguman saya pada kesan elegan yang dihadirkannya. Adalah stars pattern pada permukaan casing dan keyboardnya yang dijuluki Starry Swirls membuat saya jatuh hati setelah sebelumnya saya dipesonakan anggun warna black piano atau silky silvernya.

aspire-e1-432

III. Teknologi Tinggi Tak Berarti Mahal

Jika menelusuri perjalanan dan perkembangan teknologi dari tahun ke tahun, bisa kita mengutip kesimpulan sederhana, bahwa semakin tinggi teknologi, maka semakin sederhana cara penggunaan dan penampilannya.

Masih ingat dengan perangkat komunikasi yang kita miliki mungkin sepuluh tahun atau bahkan dua puluh tahun yang lalu ? sebentuk telepon seluler dengan ukuran yang memenuhi telapak tangan, dan barisan keypad yang menyembul serta sekotak display monitor berukuran sangat minimalis  dengan rona monochrome. Bandingkan dengan produk serupa di tahun-tahun berikutnya dimana fitur yang tersedia semakin banyak namun dimensinya semakin tipis dan ringan.  Handphone kini telah ber-regenerasi menjadi smartphone dengan teknologi yang lebih elusif tapi dalam bentuk yang lebih sederhana, kini kita mengenal touchscreen atau paduan penggunaan keypad dan touchscreen.

Pada notebook dari seri Acer Aspire E1-432 ini terdapat keunggulan yang sangat masif, yakni penggunaan prosesor Intel 4th Gen terbaru, atau lebih dikenal dengan kode nama Haswell, dimana hal ini ditambah daya tahan baterai yang tinggi menjadi suatu kolaborasi yang sangat bisa diandalkan, terutama jika ada anggota keluarga yang senang bermain games. Dan untuk hal ini memang tak bisa ditawar-tawar lagi, karena suami dan anak-anak saya memang penggemar games 😀

Hal yang membuat saya bersemangat adalah bahwa dengan seluruh kelebihannya ini, ternyata harga Acer Aspire E1-432 hanya Rp.4.749.000,- saja, cukup bersahabat untuk kondisi finansial keluarga yang sederhana. Hal ini membuktikan keyakinan saya bahwa ternyata teknologi tinggi tak bermakna harga yang tinggi pula. Apalagi jika meninjau nilai tambah yang berlipat-lipat kali mampu dilahirkannya. Dan bicara Acer Aspire E1-432 ini, bagi saya bermakna investasi besar, karena bersama Acer E1-432 saya lebih yakin menggapai segala impian saya, terutama dalam dunia kepenulisan. Insya Allah.

“Tulisan ini diikutsertakan dalam event “30 Hari Blog Challenge, Bikin Notebook 30% Lebih Tipis” yang diselenggarakan oleh Kumpulan Emak Blogger (KEB) dan Acer Indonesia.

44 thoughts on “Berkarya Bersama Teknologi Praktis [Acer Aspire E1-432]

    punyahannawilbur said:
    24/10/2013 pukul 12:05 pm

    Sukses Mbak ^_^

    Suka

    Susindra said:
    24/10/2013 pukul 12:16 pm

    Kita sudah dimudahkan oleh teknologi ya mbak. Perkembangannya sangat pesat pula. laptop bagus juga tak harus mahal, kan?
    Sukses ngontesnya ya mbak. Kita berjuang sampai akhir. SEMANGAT!

    Suka

      winny widyawati responded:
      24/10/2013 pukul 12:19 pm

      Semangaattt juga buat mb Susindra ya, senagn dengan suasana ini, semua ikut berjuang, hangat rasanya ^_^

      Suka

    Astin Astanti said:
    24/10/2013 pukul 1:12 pm

    Hi Mba Winny, sukses ya dengan dunia penulisannya…

    Suka

    noe said:
    24/10/2013 pukul 1:12 pm

    Huhuhu keren ini tulisannya 🙂

    Suka

    Efi Fitriyyah said:
    24/10/2013 pukul 1:40 pm

    jad inget jaman sma suka curhat di diary, abis itu ga mau orang lain baca eh malah saya bakar hahaha.Saya naksir warna itemnya, tampak elegan 🙂

    Suka

      winny widyawati responded:
      24/10/2013 pukul 2:23 pm

      heheheiya mbak dulu saya suka nulis dibuku diary juga. Kalo saya suka yg silky silvernya mbak

      Suka

    novaviolita said:
    24/10/2013 pukul 2:05 pm

    review lengkap dan tersusun apik nih…. sukses ngontesnya ya…

    Suka

    NengBiker (@nengbiker) said:
    24/10/2013 pukul 2:55 pm

    tetep terus berkarya mbak!

    Suka

    Inna said:
    24/10/2013 pukul 2:58 pm

    Tehnologi yg indah dan praktis…suka kalimat ini 🙂
    Salam kenal dan semoga sukses ya Mbak ^_^

    Suka

      winny widyawati responded:
      24/10/2013 pukul 3:54 pm

      salam kenal juga mb Ina, semoga mb INa jg sukses ya 🙂

      Suka

    Nchie Hanie said:
    24/10/2013 pukul 3:38 pm

    aiihh..mantabs..
    sukses ya mak

    Suka

      winny widyawati responded:
      24/10/2013 pukul 8:34 pm

      aiih makasih mak Nchie Hanie sayang, moga sukses juga utkmu, aamiinnn … 🙂

      Suka

    wulan said:
    24/10/2013 pukul 3:46 pm

    semoga sukses mbaak 🙂

    Suka

    Devy Nadya Aulina said:
    24/10/2013 pukul 6:12 pm

    Punya netbook atau laptot masih menjadi mimpi dan cita-cita saya Teh Winny.

    Suka

      winny widyawati responded:
      24/10/2013 pukul 8:26 pm

      Semoga apa yang dicita-citakan teh Devy bisa terwujud ya teh, saya ikut mendo’akan 🙂
      Senang sekali teh Devy bisa hadir disini 🙂

      Suka

    Pakde Cholik said:
    24/10/2013 pukul 7:32 pm

    Kita sudah beri kemudahan oleh kemajuan IT
    Selayaknya kita juga bisa berkarya lebih baik ya Jeng
    Salam hangat dari Surabaya

    Suka

      winny widyawati responded:
      24/10/2013 pukul 8:25 pm

      ya pakde, saya sepakat. Tak ada gunanya kecanggihan teknologi di tangan orang yang tak mau berkarya lebih besar lagi.

      Salam hangat juga dari Bogor pakde

      Suka

    NiQ said:
    24/10/2013 pukul 11:34 pm

    Tulisannya bagus dan jelaa nih mbak!
    Sukses terus yaaa 🙂

    Suka

    Nia K. Haryanto said:
    25/10/2013 pukul 3:19 am

    Si tipis ini emang keyeeeeen 🙂

    Suka

    nurme said:
    25/10/2013 pukul 5:56 am

    Wuaah teteh detailed pisaan.. nuhun infonya.
    Kita sama teh pakainya…

    Suka

    Astuti Purbaningsih said:
    25/10/2013 pukul 8:30 am

    nice writing. Khas Emak, ujung2nya suka yang hemat2. Ok, semoga sukses ya. 😉

    Suka

    Susanti Dewi said:
    25/10/2013 pukul 11:01 am

    Tehnologi memang terus berkembang, dan kebutuhan kita akan tehnologi pun terus bertambah.

    Suka

    @damae53 said:
    25/10/2013 pukul 11:58 am

    kemajuan teknologi memang bikin hepiii, 😀

    Suka

    nurlailazahra said:
    25/10/2013 pukul 1:56 pm

    semakin tipis semakin produktif harusnya ya 🙂

    salam kenal……..

    Suka

    Debby said:
    25/10/2013 pukul 6:24 pm

    semoga kita dapet yang tipis yaa biar lebih produktif maak….:)
    salam kenal and please blogging walking at http://tranzilea.blogspot.com
    ditunggu kunjungannya d blog saya yaa…:)
    cheeers….

    Suka

      winny widyawati responded:
      26/10/2013 pukul 12:25 pm

      aamiin, semoga yaa 🙂
      siap mak, sy langsung ke TKP

      Suka

    KhadijaMedia (@sitihairul) said:
    25/10/2013 pukul 9:34 pm

    lengkap banget deh reviewnya..salam kenal..sukses ya mak..:)

    Suka

      winny widyawati responded:
      26/10/2013 pukul 12:25 pm

      Sama aja mak, spt tulisan lainnya, makasi ya mak Khadija 🙂

      Suka

    yuniarinukti said:
    26/10/2013 pukul 11:55 am

    Pertumbuhan teknologi memang cepat, Mak. Dan grafiknya pun naik turun mengikuti yang sedang tren. Sekarang sedang musim yang tipis-tipis, Besok 2 atau 3 tahun lagi orang suka yang tebal-tebal 😀

    Suka

      winny widyawati responded:
      26/10/2013 pukul 12:24 pm

      oya, bisa jadi nanti yang trend yg tebal2 lagi ya mak 🙂

      Suka

    rizkimuhajar said:
    26/10/2013 pukul 1:03 pm

    Sukses ya Mak..^_*

    Suka

    Jihan Davincka said:
    26/10/2013 pukul 3:59 pm

    Si tipis yang lagi hits di kalangan emak-emak hihihihi :D. Good luck, Mak 😉

    Suka

    ditter said:
    27/10/2013 pukul 8:57 pm

    Kalau ingat dua tahun yg lalu,harga segitu cuma dapat laptop dengan spec yang rendah buangettt, hehe….
    Sukses ya, Mbak! 🙂

    Suka

      winny widyawati responded:
      28/10/2013 pukul 10:51 pm

      Ya, semakin kesini teknologi semakin canggih. Terima kasih mas Ditter 🙂

      Suka

Terima Kasih telah berkenan hadir, kesan anda sangat berarti :-)

