Mimpiku …

Posted on

Baru saja dikirimi foto-foto hasil bidikkan mbak Wayan Lessy di Koishikawa Korakuen Garden. Sebelumnya aku mendapat kiriman foto pohon menakjubkan pula yaitu Jacaranda dari sahabatku Ike serta foto-foto serupa dari Nita Kurniasari. Kupandangi saja beberapa foto di album, begitu berseri pekarangan lapak sebelah-ku berhias gambar-gambar indah bingkisan sahabat-sahabat yang sudi menyediakan ruang bagiku dalam ingatannya sehingga dalam karya-karya indah mereka ada tersemat namaku.

Masih kuingat, dulu imajinasi kanak-kanakku sering membawaku jauh melesat ke awan. Sering kuperhatikan semut-semut hitam merayapi sulur-sulur Asparagus di halaman rumahku hingga ke plafon teras rumah, dan membayangkan mereka sebagai penghuni istana kerajaan yang sedang sibuk dengan tugasnya masing-masing. Tanaman Asparagus yang menjalar dan meliliti kawat itu nampak indah di mataku, dengan buah mungilnya yang berwarna hijau tua dan bunga-bunga kecilnya yang berwarna hijau pupus bak lampu-lampu kristal yang bertebaran di istana mereka.

Atau saat ku menyusuri sungai di desa tempat nenek dan kakekku tinggal, akan muncul dalam bayanganku sepasang kurcaci sedang menepikan perahu mereka dalam alirannya yang tenang lalu turun hendak menangkap ikan-ikan kecil disana. Apabila mereka kelelahan, maka mereka akan berteduh dari terik matahari dibawah bayangan bunga Chrysant yang banyak tumbuh dipinggiran sungainya.

Dari guru mengaji, guru-guru di sekolah dan buku-buku dahulu aku juga mulai tahu ada tempat-tempat indah di dunia ini. Dan imaji itu sering kubawa pada buku gambarku untuk kubuat sketsanya, bagaimana kira-kira bentuk menara Eifel di negeri romantis Perancis itu, atau bagaimana megahnya istana Taj Mahl di India persembahan cinta sang Khan kepada istrinya. Hingga benteng kerajaan Byzantium Konstaninopel yang ditaklukan sultan Muhammad al-Fatih pun aku reka dalam guratan pensilku. Sejarah dibalik tempat-tempat itu sungguh-sungguh membuatku tergugah.

Jika aku berada di sepetak sempit pekarangan rumahku, maka aku akan asyik dalam mencipta bukit-bukit dan sungai-sungai miniatur. Menggubahnya menjadi gunung Fujiyama yang disaput salju di Jepang, atau hijau yang berbukit-bukit di pegunungan di Switzerland, gara-gara aku sangat menyukai sebuah film kartun anak-anak saat itu yang menceritakan kehidupan seorang anak yang bernama Heidy.

Kali yang lain jika aku mulai bosan aku akan berusaha membuat Nihon Teien (taman ala tradisional Jepang) meski hasilnya sudah bisa diduga, sedikitpun tidak mirip dengan aslinya, kecuali mataku yang mulai menyipit mirip orang Jepang karena keras berfikir kenapa akhirnya bisa menjadi seperti ini hehehe.

Indahnya memiliki mimpi. Ia menjadi semangat yang tidak membakar tetapi cukup menghangatkan hari-hari kita yang penuh dengan tantangan dan rintangan. Ia juga menjadi pelepas penat dikala perso’alan yang menekan otak dan hati semakin menjadi. Dan lebih dari itu, mimpi-mimpi indah ini sering mengingatkanku akan keberadaan Sang Maha Indah tempat segala damai dan ketentraman berasal.

Ingin sekali mengucapkan rasa terimakasih yang sedalam-dalamnya kepada semua sahabat tanpa kecuali disebabkan telah berkenan menandaiku, atau mengirim gambar-gambarnya secara langsung ke wall-ku atau bbm-ku akan kemegahan alam yang lalu diabadikan dalam gambar-gambar. Seakan-akan telah menjadi wakil Tuhan dalam saling mengingatkan akan kebesaranNYA dalam ciptaanNYA.

Ahh, tulisan ini kukira akan membawaku kembali berlayar pada gelombang laut Hitam, membawaku pada sejarah Masjid terindah di dunia Hagia Sophia di Turki dan terus mengarungi gurun sahara untuk menemui dinding-dinding dan permadani hijau Raudhah Mesjid Nabawi di Madinah, atau Ka’bah yang tersimpan anggun di Masjidil Harram Makkah ?, entahlah.

Iklan

Terima Kasih telah berkenan hadir, kesan anda sangat berarti :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s