Masih Bingung Jadi Orang Indonesia ?

Posted on

Waah banyak yang bingung jadi orang Indonesia, mau bangga nggak bisa, mau malu udah terlanjur jadi orang pribumi, mau marah habis-habisin energi. Jadi gimana dong ?

Menurutku sih, bangga, malu, marah, atau biasa-biasa aja itu masalah rasa. Rasa bereaksi akibat ada “benturan” peristiwa / kejadian. Nah berkaitan dengan ke-Indonesia-an, peristiwa yang terjadi udah 65 tahunan sejak proklamasi kemerdekaan negaranya (dari penjajahan bangsa asing dulu, penjajahan lainnya ntar dulu) bangsa Indonesia udah melewati banyak peristiwa, yang sampai sekarang dibilang orang, Indonesia sudah merdeka.

Masalahnya kenapa Indonesia udah merdeka koq penghuninya (nggak semua sih) masih pada bingung aja ya. Ada yang masih mengutak-atik asas/dasar negara supaya diganti, ada yang sibuk otak-atik strategi supaya bisa lolos jadi pegawai negri (dikiranya sukses & kebanggaan itu bisa diperoleh kalau udah menyandang status PNS), ada yang udah lolos PNS masih sibuk juga cari “tambahan” (kalau tambahan ilmu sih bagus), ada yang sibuk cari “posisi”, posisi apa aja yang penting aku senang,aku menang (sambil nyanyi lagunya Iwan Fals), ada yang asyik naik-naikin harga nggak peduli rakyatnya makan nasi aking, perempuannya narik becak, pecahin batu koral, sampai prostitusi.

Ada satu kota tenggelam oleh lumpur kerakusan manusia, satu kota penduduknya kini tak jelas nasibnya, namun tak bisa menuntut keadilan kepada biang keroknya. Ada pornografi tak terbatas di negri yang katanya relijius ini walaupun sekarang ada kebijakan sensor yang tetap juga dimaki-maki, ada yang sibuk “terus nyisir rambutnya sendiri” menjaga citra tetap perfect padahal negara dan bangsa dilecehkan orang, ada yang sibuk berantem di gedung wakil rakyat yang terhormat, ada yang memaki-maki pemimpin negaranya, menterinya, ada veteran yang miskin di hari tuanya, rumahnya digusur, istrinya yang sudah sendiri dan sepuh mau dipenjarakan padahal dulu setiap jengkal tanah negeri ini dia perjuangkan dengan jiwa raganya.

Ada yang asyik terkantuk-kantuk di kursinya karena sejuknya AC di ruangan rapat dewan yang terhormat(kah ?), ada yang sibuk merencanakan kenaikan gajinya sendiri, ada yang sibuk planning renovasi gedung dewan supaya ada kolam renang/ spa-nya. Ada yang thenang-thenang saja bah perbatasannya digertak tetangga (mau gimana lagi wong alutsista-nya udah kadaluarsa koq).

Supaya nggak bingung gimana dong ?
Fokus dan Merdeka…!
Orang yang masih punya hati nurani di dadanya harus fokus dengan cita-cita hati nuraninya yang bersih, merdeka kemanusiaannya dari penjajahan hawa nafsunya. Sebab kalau sudah digulung nafsu, idealisme bisa tergusur dengan godaan-godaan duniawi, dan inilah sebab terbesar yang menjerumuskan negeri ini ke lubangnya yang terbawah.

Nafsu tak pernah bisa puas punya rumah satu, kalau bisa punya rumah banyak kenapa nggak. Kalau bisa punya Villa, kendaraan mewah, pasangan cakep, perhiasan, perjalanan luar negeri, fasilitas-fasilitas dan semua yang saya sebutkan ini banyak, kenapa nggak ? Kenapa nggak diusahakan dari kesempatan yang ada ? walaupun harus mengorbankan banyak orang, mengorbankan rakyat, mengorbankan teman, mengorbankan keluarga…..

Jadi sebaiknya jangan ikut-ikutan jadi orang bingung, kritis boleh, tapi gimana ya kritis yang produktif ? Kritis yang nggak cuma didengar, tapi bisa menggerakkan. Masih ada harapan, dan kita memang harus tetap berharap walau kita tahu kiamat sudah dekat. Hanya orang yang terus bergerak yang bisa memiliki harapan-harapan besar, walau pergerakannya dibatasi, dikungkung terali besi.

So, masih bingung jadi orang Indonesia ? No way….maannn..!!!
Jangan mau jadi orang bingung…

Iklan

Terima Kasih telah berkenan hadir, kesan anda sangat berarti :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s